Oleh: atep t hadiwa js | September 22, 2008

Legenda “Situ Lengkong” dan “Kerajaan” Panjalu

Disarikan oleh Atep T. Hadiwa Js.
(dari R. Hendar Suhendar, SH., Sejarah Panjalu, 2007)

Bagian Satu

Ciamis merupakan salah satu kota kabupaten di Propinsi Jawa Barat yang terletak di bagian timur Kota Priangan, julukan lain Jawa Barat. Di bagian utara kota Ciamis terdapat salah satu kota kecil (kota kecamatan), yaitu Panjalu. Kota Panjalu terletak sekitar 100 km dari kota Bandung (ibu kota Propinsi Jawa Barat), sekitar 75 km dari kota Cirebon, dan sekitar 30 km dari arah kota Ciamis.
Kota kecil ini, ternyata memiliki satu legenda kehidupan masa lalu yang cukup menarik. Di kawasan Panjalu terdapat sebuah danau buatan yang sangat indah, yaitu ‘Situ Lengkong’. Seiring berkembangnya pembangunan sektor pariwisata dan budaya, Pemerintah Daerah Propinsi Jawa Barat menetapkan Panjalu sebagai Kota Wisata Budaya Ziarah.

Sebagai tempat pariwisata, ‘Situ Lengkong’ Panjalu memiliki pesona alam yang sangat menarik. Bentuk danaunya melingkar dengan air yang jernih serta di tengah-tengah danau tersebut terdapat daratan atau disebut dengan ‘nusa’. Daratan di sekelilingnya dipenuhi dengan berbagai jenis tumbuhan (kayu) dan hidup beberapa jenis margasatwa. Dijadikan sebagai tempat wisata budaya dan ziarah, karena di sekitar ‘Situ Lengkong’ Panjalu terdapat bangunan kecil tempat menyimpan benda-benda pusaka peninggalan ‘Kerajaan Panjalu’, yang diberi nama ‘Museum Bumi Alit’. Sejak ‘Kerajaan Panjalu’ itulah Agama Islam mulai menyebar luas. Salah satu kebudayaan yang sampai sekarang masih tetap dilakukan secara turun-temurun, yaitu upacara adat sakral ‘Nyangku’. Pelaksanaan upacara adat ‘Nyangku’ dilakukan oleh sesepuh Panjalu, para tokoh, penjaga makam (kuncen), dan unsur pemerintahan, yang dikordinir oleh Yayasan Boros Ngora dan Pemerintahan Desa Panjalu.

Terjadinya Situ Lengkong Panjalu, tidak terlepas dari sejarah Kerajaan Panjalu. Konon sekitar abad VII salah satu leluhur Panjalu bernama ‘Prabu Sanghyang Boros Ngora’ (Haji Dul Iman bin Umar bin Muhamad) berkelana dengan maksud mencari ilmu pengetahuan, sehingga sampailah di sebuah tempat yang di sekitarnya terdiri dari bebatuan dan pasir. Rupanya tanah yang diinjaknya itu adalah tanah suci Mekkah. Di sanalah ia beroleh ilmu sejati (Islam) yaitu ilmu yang membawa pada keselamatan dunia dan akhirat. Prabu Sanghyang Boros Ngora menguasai ilmu tersebut dengan sempurna. Setelah itu, ia pulang dengan membawa oleh-oleh dari seorang sahabat Nabi Muhammad SAW sekaligus sebagai gurunya, yakni Baginda Ali, r.a. Oleh-oleh dari sahabat Nabi tersebut tiada lain adalah pakaian kehajian, dan air zam-zam. Air zam-zam dibawanya dalam sebuah gayung yang permukaannya bolong-bolong, pemberian ayahnya Prabu Sanghyang Cakra Dewa. Dengan izin Yang Maha Kuasa ia dapat membawa air zam-zam itu pulang ke tempat asalnya, Panjalu. Setibanya di Panjalu, air zam-zam itu ditumpahkannya di sebuah tempat yaitu Pasir Jambu, yang hingga kini menjadi sebuah danau yang indah yakni ‘Situ Lengkong’. Di tengah-tengah danau terdapat daratan yang dinamai ‘Nusa Gede’. Sampai saat ini, maka diyakinilah bahwa danau buatan ‘Situ Lengkong’ Panjalu terjadi karena tumpahan air zam-zam yang dibawa oleh leluhur Panjalu pada saat itu, yakni ‘Sanghyang Prabu Boros Ngora’.

Catatan sejarah Yayasan Boros Ngora, mengungkapkan bahwa Kerajaan Panjalu (jaman dahulu) terbentuk dari gabungan 2 kerajaan, yakni kerajaan Gunung Bitung (Soko Galuhnya) dan kerajaan Karantenan Gunung Syawal. Tersebutlah ‘Sanghyang Tunggal Ratu Galuh Nyakra Wati Ing Tanah Jawa’ yang memimpin kerajaan Gunung Bitung, dan mewariskan kepemimpinannya kepada ‘Batara Babar Sajagat’ dan ‘Prabu Sanghyang Cipta Permana Dewa’. Keturunan ‘Prabu Sanghyang Cipta Permana Dewa’, yaitu; 1) Sanghyang Bleg Tambleg Raja Gulingan, 2) Sanghyang Pamunggang Sangrumanghyang, dan 3) Sanghyang Ratu Permana Dewi, ketiganya merupakan anak kembar. Sanghyang Bleg Tambleg Raja Gulingan, menguasai ilmu keduniawian yang akhirnya pergi ke Kuningan, dan Sanghyang Pamunggang Sangrumanghyang, menguasai ilmu kedugalan yang akhirnya pergi ke Talaga, sedangkan Sanghyang Ratu Permana Dewi memiliki sifat yang berbeda dengan kedua kakaknya, ia menguasai ilmu kerahayuan dan kedamaian.

Sanghyang Ratu Permana Dewi, berdiam di Panjalu lalu menikah dengan keturunan kerajaan Karantenan Gunung Syawal yakni ‘Rangga Gumilang’, putra dari Raja Marangga Sakti sebagai buyut dari ‘Prabu Tisna Jati’ yang mewariskannya kepada putranya ‘Batara Layah’, diteruskan oleh ‘Karimun Putih’, dan akhirnya kepada ‘Marangga Sakti’ (ayah Rangga Gumilang).
Ketika memerintah kerajaan Panjalu (Negara Soko Galuh), Sanghyang Ratu Permana Dewi mendapat gelar dari rakyatnya yaitu gelar ‘Soko Galuh Panjalu’. Panjalu beasal dari kata ‘jalu’ yang berarti laki-laki, kemudian ditambah awal kata ‘pan’, sehingga maksudnya berubah menjadi bukan laki-laki (melainkan perempuan). Palsafah hidup yang diajarkan oleh Sanghyang Ratu Permana Dewi adalah ‘Mangan Karna Halal, Pake Karna Suci, Tekad Ucap Lampah Sabenere’, yang artinya makan makanan yang halal, berpakaian yang bersih, itikad ucapan perilaku yang benar. Sampai saat ini palsafah tersebut masih dipegang teguh oleh masyarakat Panjalu.

Hasil pernikahan Sanghyang Ratu Permana Dewi dengan Rangga Gumilang melahirkan seorang putra bernama ‘Prabu Sanghyang Lembu Sampulur’, yang meneruskan memerintah kerajaan Panjalu, dan pada akhirnya diserahkan kepada ‘Prabu Sanghyang Cakra Dewa’. Nama Prabu Sanghyang Cakra Dewa, berarti menolak dewa, karena ia menguasai ilmu yang tinggi sehingga kurang percaya dengan adanya dewa ilmu ‘Sunda Wiwitan’ yang diajarkan oleh Prabu Sanghyang Cakra Dewa. Prabu Sanghyang Cakra Dewa, berputra 6 orang yaitu; 1) Sanghyang Lembu Sampulur, 2) Sanghyang Prabu Boros Ngora, 3) Sanghyang Panji Barani, 4) Ratu Marangprang Kencana Artas Wayang, 5) Ratu Pundut Agung, dan 6) Angga Runtin.

Sanghyang Prabu Boros Ngora (salah seorang putra Sanghyang Prabu Cakra Dewa), dinobatkan menjadi Raja Panjalu, kemudian memindahkan pusat kerajaan Panjalu dari Dayeuh Luhur ke Pasir Jambu, yang saai ini menjadi Nusa Gede di tengah-tengah Situ Lengkong. Dua orang putra dari Prabu Sanghyang Boros Ngora yakni Prabu Haryang Kuning dan Prabu Haryang Kancana, adalah penerus leluhur kerajaan Panjalu berikutnya.

Wangsit Prabu Sanghyang Boros Ngora

Gunung teu beunang dilebur
Lebak teu beuenang diruksak
Larangan teu beunang dirumpak
Buyut teu beunang dirubah
Layar teu beunang dipotong
Pondok teu beunang disambung

Nyaur kudu diukur
Nyablama kudu diunggang
Ulah ngomong sagété-gété
Ulah lémék sadaék-daék
Ulah maling papayungan
Ulah jinah papacangan

Kudu ngadék sacékna, nilas saplasna
Mipit kudu amit ngala kudu menta
Ngeduk cikur kudu mihatur
Nyokel jahé kudu micarék
Ngagedak kudu béwara
Weduk teu kalawan diajuk

Bedas teu kalawan dimomoton
Nu lain kudu dilainkeun
Nu ulah kudu diulahkeun
Nu enya kudu dienyakeun
Ulah cueut kanu beureum
Ulah ponténg kanu koneng

Karana lamun dirempak
Matak burung jadi ratu
Matak édan jadi ménak
Matak pupul pangaweruh
Matak hambar komarana
Matak teu mahi juritna
Matak teu aya perangna
Matak sangar ka nagara

……………….


Tanggapan

  1. popularitas nama panjalu memang sangat membanggakan, apalagi kalau ada produk unggulan atau home-home industri yang khas, lebih bisa menarik lagi para wisata ziarah untuk datang ke panjalu

  2. hapunten nu kasuhun jembar hampura nu kateda.
    dina tekad ucap, lampah sareng tingkah parih polah anu kirang tata sareng kirang hormat.

    upami kersa, nyuhunkeun sebatkeun turunan pangeran boros ngora dugi ka lengkep ..!!!

  3. Mungkin bisa dikembangkan lagi, kenapa Situ itu dinamakan SITU LENGKONG bukan Situ Panjalu atau Karantenan (dari kerajaan Karantenan Gunung Syawal) atau Bitung (dari kerajaan Gunung Bitung) misalnya. Kata “lengkong” itu diambil dari mana? Nama desa, tempat, gunung, orang atau apa?, kemudian apa artinya dalam bahasa sunda.

    Ada yang bisa lengkapin ?

  4. Terimakasih telah memberikan informasinya, sangat bermanfaat sekali

  5. NAH IEU PENYEBAR ISLAM ANU PALING AWAL DUGI KA JAWA, SAHA ANU NYANDAK, SANES WALI SALAPAN, TANAPI Prabu Sanghyang Boros Ngora’ (Haji Dul Iman bin Umar bin Muhamad), SANTRI TI seorang sahabat Nabi Muhammad SAW sekaligus sebagai gurunya, yakni Baginda Ali, r.a. 700 M

  6. Ngudag kana sajarah,ngarasa bagja jadi urang ciamis,komo lamun ngenaan sajarah jeung budayana,ngan hanjakal nilai2 sajarah jeung budaya teh kawas laas ku zaman, duka teing kumha

  7. GEUS JAJAG KA DITU MA ….

    hatur nuhun pa, informasina kalintang mundelna. salam pangwanoh.

  8. INTERNATIONAL QUALITY AND ME

    1. THE CONSPIRACY TO KILL PM Zimbabwe MORGAN TSVANGIRAI
    2. PM Palestina Salam Fayyad GET PAXIL
    3. THE SCENE TO KILL PM TURKIYE RECEP TAYYIP ERDOGAN BY MOSSAD
    4. PLAN TO KILL PRES INDONESIA SUSILO BY AT SITUS CANADA
    5 .DANIEL COWART & PAUL SCHESSELMAN: TO KILL PRES USA OBAMA
    6 .THE CRAZZY TERRORIST LEELAND EISENBERG PLAN TO KILL FOREIGN
    MINISTER HILLARY RODHAM CLINTON
    7. PRESIDENT SUDAN OMAR AL-BASHIR NO WAY OUT BY BAN KI MON – UN
    8. COUP AT MADAGASCAR PRESIDENT MARC RAVALOMANANA BY
    COLONEL ANDRE ANDRIARIJAONA
    9. NEW PRESIDENT ANDRI RAJOELINA (DISCK JOCKEY PUB, DISCOTEQUE)
    AT MADAGASCAR FROM UN BAN KI MOON.
    10.PRESIDENT FRANCE SARKOZY PLAN TO KILLED BY FRANCE WORKER’S
    EMAIL
    11.EX LEFT MOVEMENT SEPARATE MARXIS FMLN NATIONAL FRONT FARABUNDO MARTI FOR FREEDOM EL SALVADOR BE PRESIDENT, GREATEST MAURICO FUNES
    12.EX PM PAKISTAN NAWAZ SHARIF TO JAIL BY SYSTEM PAKISTAN ISI
    13.EX PRESIDENT PERU ALBERTO FUJIMORI TO JAIL BY PERU SYSTEM SIN.
    14. PRESIDENT BOLIVIA EVO MORALES ANTI USA GOVERNMENT, TO MAKE OUT US CORPS DIPLOMATICS/US AMBASADOR
    15. PM ITALY ROMANO PRODI TO MAKE OUT BY DON PRESIDENT SILVIO BERLUSCONI
    16. EMIR KUWAIT Emir Kuwait Syeikh Sabah al-Ahmad al-Sabah COUP OWN GOVERNMENT
    17. THAILAND PM ABHISIT VEJJAJIVA COUP BY OWN SYSTEM AT THAILAND
    18.COUP AT HUNGARY PM FERENC GYURCSANY TO GOT OUT FROM OWN SYSTEM
    19.PRESIDENT VENEZUELA HUGO CHAVES TO CLOSE VERY HARD, PLAN TO COUP HIM
    20. PRESIDENT HUGO CHAVES TO MAKE OUT ALL EUROPE CORP DIPLOMATICS
    21. PM PAKISTAN YUSUF RAZA GILANI WAS SHOT, AND SAVE BY THE BELL
    22. OSAMA BIN LADEN TO MAKE OUT PRESIDENT SOMALIA Sheik Sharif Sheik Ahmed
    23.PRESIDENT TAIWAN CHEN SHUI BIAN TO JAIL BY TAIWAN GOVERNMENT
    24. PM MALAYSIA ABDULLAH AHMAD BADAWI OUT BY COUP AND SUBTITUTE TO PM NAJIB TUN RAZAK
    25. PRESIDENT MACEDONIA (INCUMBENT) GJORGJE IVANOV BE PRESIDENT AGENCY, LOVE STATE
    26.PM ISRAEL EHUD OLMERT TO JAIL BY ISRAEL SYSTEM
    27. PM NAJIB TUN RAZAK WITH CASE TO KILL model Mongolia – HIS GIRL FRIEND Altantuya
    28.COUP AT FIJI BY PRESIDENT FIJI RATU JOSEFA ILOILO FROM REGIME MILITARY ADMIRAL Frank Bainimarama

    29. President Iran Dr. Mahmud Ahmadinejad got letter with poison to kill him front Jahan News. The accident to begin after be President Iran since 2005 until now. 30. Eslandia – Uni Europe got new Prime Minister Madame Johana Sigurdardottir front Social Democrate , and she is Lesbianisme. She got marry, Jonina Ledsdottir (54), 2002. 31. India, the crazy people hittted PM Manmohan Singh, Sunday (26/4/2009), bomb? 32. Memmo Phoenix, Iraq people Muntazer al-Zaidi, Sunday (14/12/2008), hitted President George Bush, and PM Iraq Nuri al-Maliki. It’s not bomb. Dangerous land. 33. Peru (Lima), the leader opposition Manuel Rosales front Venezuela who got plot to jail him, run from Venezuela and got save at Peru, foreign affairs : Jose Garcia Belaunde Thursday (28/4). Chavez was being President 2006-, Rosales was a Top Opposition. 34. Chavez be President 1999, and save from got coup d’etats 47 hours at 2002, He gave routine to save Opposition front foreign Latin American, especially the opposition who underpressure by United States, and “CIA always with plan to kill him” said Chaves. 35. (Quito) Presiden Equador Rafael Correa incumbent was be President again Sunday (26/4/2009). He found the President after got win from ex President Lucio Gutierrez. He is colony of Chavez, but graduate from USA. President Chavez give congratulation . 36. (Manila/Philipina) the Reputation of first gentleman Mike Arroyo, husband Presiden Filipina Gloria Macapagal Arroyo, got problem after Rodolfo Lozada give recomandation case corruption. (30/4/2009). And finally Rodolfo to jail by police. 37. (Teheran/Iran) – The Iran champaign Iran June 12, 2009 Presiden Mahmoud Ahmadinejad incumbent will versus iran chief defense Mohsen Rezai (30/4/2009). 38. Holland/Netherland (Apeldoorn) Plan to kill Queen Beatrix at queen day April 30th, 2009 (Queen Yuliana was born or Queen Day) . They’re shock Princess Maxima wife from His Royal Higness Prince Willem Alexander . The killer drave sedan suzuki swift in front of Het Loo Castle and Monument De Naald. Koninginnedag (Queen’s Day 30/4). 39. Panama : Ricardo Martinelli found the job be President Panama Sunday (3/5/2009). He found the job after get win from Balbina Herrera, front Panama Democratic Party. 40. Nepal : PM Nepal Pranchanda, Monday (4/5/2009), got pension after government Maois Nepal to make out General Rookmangud Katawal because he never make interrogation to Nepal Opposition, but President Ram Baran Yadav, need the top command still at him. Prachanda with real name Pushpa Kamal Dahal be PM 8 month. 41.South Africa Cape Town , Jacob Zuma, Wednesday (6/5/2009), be 4th President South Africa after apartheid, front A N C . vs Mvume Dandala. 42. Vilnius/Lithuania The first time, Lithuania got greatness. PM Dalia Grybauskaite, 53, Finance front nation ex Uni Soviet itu, vs Algirdas Butkevicius (18/5/2009). 43. GUATEMALA PRESIDENT MR. COLOM KILLED LAWYER. 44. New Delhi/India Thursday (19/5/2009), PM Manmohan Singh be PM again. 45. Colombia-Bogota : Defense minister Colombia Juan Manuel Santos out front candidate President Colombia 2010 and still incumbent Presiden Alvaro Uribe. (17/5/09) 46.Pres Roh Myo Hoon was killed by South Korean, sayUN Sec Ban Ki-moon (23/5/09) 47.Libanon, Pres Rafiq Hariri was kille by syndicate the black people of Libanon (25/5) 48.Cairo : Ayman Nour, ex candidate Pres will lost by Pres Husni Mubarak (23/5/09) 49. Ulan Batur/Mongolia candidate opposition Democrate Party (DP) Tsakhiagiin Elbegdorj be President vs incumbent Pres Nambarlin Enkhbayar Monday (25/5/09). 50. Germany-Host Koehler back again be Presiden, He is a symbol Canselir Angela Merkel. vs Gesine from Socialist Democrate. He is Director IMF (5/2009) 51. Kartoum/Presiden Sudan Hassan Omar al-Bashir, will to jail by internasional, Tuesday (28/5) go to Libya, He met at O U A summit (Sahel – Sahara / Cen – Sad : There are Benin, Burkina Faso, Republik Afrika Tengah, Komoro, Djibouti, Mesir, Eritrea, Gambia, Ghana, Kenya, Liberia, Libya, Mali, Mauritania, Maroko, Niger, Nigeria, Sao Tome and Principe, Senegal, Somalia, Sierra Leone, Sudan, Togo, Tunisia). 52. Sudan before President Hasan, Pres Nimeiry was killed by syndicate (31/5/2009). 53. Nouakchott/Mauritania Pres. Sidi Ould Cheikh Abdallahi and PM Yahya Ould Ahmed Waqef, Wednesday (6/8/9) was got coup by General Mohamed Ould Andel Aziz. 54.Mauritania new PM Moulaye Ould Mohamed Laghdaf ex Ambasador Belgian. 55.North Korean Pres Kim Jong Il choose Kim Jong Un (26), his son for next leader Thursday (2/6/2009). News from Korean Central News Agency. 56. MALANG TOWN : JUNE 5TH, 2009 BALTIMORE HOSPITAL DR 16: “YANKEE STADIUM “FIRST LADY MADAME RAISHA GORBACHEV FROM RUSIA, KING HUSSEIN FROM JORDANIA, PRESIDENT ABDURRAHMAN WAHID FROM INDONESIA,…. FIRST LADY MADAME KO YONG HI NORTH KOREA .? I DON’T WANT GOD THE TIME TOBE CLOSER 57. June 7th, 2009 Stop Press Candidate President Guinea Bissau Minister Mr Baciro Dabo was killed by African Syndicate How Indonesian Rule of The Games Like Operation Black Hawk Down Somalia, General Fragile God Father 58.Libanesse Coalition anti-Suriah make loose Hizbullah caln Christ, Michel Aoun, Sunday (7/6/2009) and the President is Mr. Saad Hariri son of Pres Rafiq Hariri (he was killed), and he got support from USA ex Pres Jimmy Carter. 59.Tibet The leader Dalai Lama give opinion if China Gov will close Tibet from international, after Dalai Lama met Presiden France Nicolas Sarkozy. 60. President Gabon Omar Bongo Ondimba, long President at Afrika, was killed at Monday (8/6/9) at Barcelona Hospital, his wife May 6th, 2009 died Edith Luce Bongo Ondimba, 45, daughter of Presiden Kongo Denis Sassou-Nguesso. 61. Iran, Teheran, Well finally President Iran just for incumbent Mahmoud Ahmadinejad Sunday (14/6/9). And he is versus reformist Perdana Menteri Mir Hossein Mousavi. 62. Toronto/Canada : PM Stephen Harper, Wednesday (17/6), said if He will not follow the step campaign vs leader Liberal Michael Ignatieff . British Commonwealth. 63. Brisbane/Australian defense minister Joel Fitzgibbon with scandal foreign free journey to Beijing and Shanghai, China 2002 and 2005. But pm Kevin Rudd never make him pension, Friday (27/3/2009) 64. Australian: PM Kevin Rudd will to make out his soldier from Timor Leste (22/10/9) after defense Indonesia juwono sudarsono met Australia defense Joel Fitzgibbon. 65. Australian After got Scandal defense M Joel Fitzgibbon, need pension as soon (4/6/9) 66.Australian mission, PM Kevin Rudd never give blank cheque to Afganistan (24/3/9) 67.PM Kevin Rudd with mobile scandal, vs oposition Malcolm Turnbull Monday (22/6) 68.Iran : Daughter ex Pres Iran Hashemi Rafsanjani to jail sunday (21/6), Faezah Hashemi. Faezah give oration for leader opposition oposisi Husain Mousavi. 69. Ingush president wounded in bomb attack NAZRAN, Russia – A car bomb exploded as the president of the troubled Russian region of Ingushetia passed by in his convoy Monday morning, critically wounding him and killing or wounding several others. 70.Mogadishu / Somalia A1 : Pres Somalia Sheik Sharif Sheik Ahmed, Monday (22/6), 71. JULY, 2ND 2009 “COUP D’ETATS AT TURKEY JOINT BLACK ERGENEKON, BY COL. DURSUN CICEK”, SAID CHIEF ARMY GENERAL ILKER BASBUG. PM RECEP THAYIB ERDOGAN AND PRESIDENT ABDULLAH GUL 72. Lapaz/Bolivia : Plan was President Evo Moralez and his Vice President Alvaro Garcia at Santa Cruz, East Bolivia , all from opposition. (17/4/2009). 73. 09-09-2009 NEW ZEALAND, PLAN KILLED PM JOHN KEYS WITH HIT BOMB MOLOTOV ( MP JW MARRIOT&RITZ CARLTON, PRESDIR HOLCIM) 74. COSTA RICA President Kosta Rica Rafael Calderon, ex first President to jail case corruption. (5/10/2009). Calderon is the leader Opposition of Party Social Christian and be president 1990 sd 1994. And need more be President February 2010 at Costa Rica. 75. Lebanon-Beirut : PM Saad Hariri (27/6) was managing be PM like his father PM Rafiq Hariri who killed by syndicate. Loose incumbent PM Fuad Siniora. 76. Tegucigalpa-Honduras : Coup d’etats at Honduras (29/6), loose President Manuel Zelaya. And leader congress Roberto Micheletti will be President, coup 1963&1972. 77. Thailand (28/6) pro Thaksin Sinawatra make demons contra PM Abhisit VEjjajiva and Vice Prime Minister Suthep Thaugsuban. Chief Police Suphorn Phansua. 78. Manila – Philipine : President Corazon Aquino died / was killed August 1 st, 2009. 79. Montevideo – Uruguay : Ex dictator Gregorio Alvarez (22/10) to jail, killing field.

  9. salam kenal bae ti urang lembur ……………

  10. abdi terang situ lengkong di tayang di TVRI bulan jan 2010 aduh mani panasaran langsung milarian .. e..h ketemu juga ya.. Isy Allah bade abdi yoyong ka situ lengkong, upami ti kota ti ciamis ka pilihmana yaa. sabaraha jam upami roda empat tebihan mana sareng pangandaran … , hatur nuhun kana informasina

    • upami ti ciamis sakitar +/- 30 KM. lamina perjalanan sekitar 2 jam lah… mangga atuh enggalkeun ka situ lengkong.

  11. Wangsit Prabu Sanghyang Boros Ngora dalam bahasa indonesianya apa ya? bisa minta tolong di artikan. trims.

    wangsit dalam kamus sunda lengkap (Budi Rahayu Tamsyah : 270) diartiakan petunjuk, nasihat
    jadi Wangsit Prabu Sanghyang Boros Ngora, berarti petunjuk atau nasihat Prabu Sanghyang Boros Ngora

  12. Alhamdulillah abdi ngaraos bingah ku ayana artikel sajarah Panjalu,,,kumargi abdi oge nuju kapungkur pernah dicaritakeun ku pun aki nyaeta Pa Ining Djuhaeni, salah sahiji kuncen di Panjalu,,,abdi oge kapungkur lahir di Panjalu kinteun2 200 meter ti Situ Lengkong,,,hatur nuhun lur,…Wassalam

    Sami-sami kang hatur pangwanoh, oge hatur nuhun kana apresiasi miwah pangrojongna.

  13. ngaraos reuEs?… kantun di mu2le ku urg sare rea nu slaku urg sunda khusus na urg ciamis kdh d jaga kales tarianna titinggal karuhun, htr nhn, Wasalam.

  14. Exactly where did you end up getting the ideas to create
    ““Legenda “Situ Lengkong” dan “Kerajaan” Panjalu Atep js Blog”?
    Thanks a lot ,Maryellen

  15. Greetings! Very useful advice in this particular post!
    It’s the little changes which will make the most significant changes. Thanks a lot for sharing!

  16. “situ panjalu makin sempit lestarikan” baheula 30 katukang sim kuring sok ngojay di situ panjalu, alhamd pelestarian tos katingal terutami di caket ranjeng palih hilir, tapi… sayang nya banjar ampir tepung jeung balandongan, ranjeng geus garing, sawah-sawah di sukasirna, bojong sukamulya geus jadi leuweung. bisakah seperti dulu ???? .. hatur nuhun. iin s putra panjalu di rantau 26/09/13

  17. Ass. hapunten bilh lepat ;naha leres antawis karajaan panjalu sereng sasakalan Geger Sunten nu aya di Tambaksari aya hubungana ? neda pituduhna, bilih lepat wireh Geger Sunten nembe dina taun kadieu nakeun di mumule ku masyarakat. wireh aya patojaiyah sreng ajaran Islam, namung sebagian masyarakat seueur nu nguat -nagitkeun serng ajaran islam..


Tinggalkan komentar

Kategori