jendela silaturahmi

RIWAYAT-KU

ATEP TATANG, sering mencantumkan sebagai ATEP T HADIWA JS pada beberapa tulisan terutama pada tulisan sastra. Lahir di Tutugan Gunung Syawal, Ciamis 20 Agustus 1969 anak keenam dari delapan sodara. Ketika berusia 6 tahun, sudah duduk di bangku kelas 1 SDN 2 Medanglayang dengan mendaftarkan sendiri tanpa diantar orang tua, ketika itu Bapakku tercinta memboncengku dengan sepeda kumbangnya yang lengkap dengan berko di depan. Aku turun dari boncengan sambil membawa secarik kertas berisi identitasku lalu berlari masuk ke sebuah ruangan di SD tersebut dan lulus pada tahun 1982. Sementara, Bapakku melanjutkan mengayuh sepedanya menuju ke tempat pengabdiannya sebagai guru, dan terakhir beliau pensiun dalam jabatan sebagai Kepala SD. Sangat menyenangkan ketika aku duduk di kelas 4 karena terpilih sebagai ‘murid teladan’ ke-2 tingkat Kantor Pendidikan dan Kebudayaan kecamatan Panumbangan pada saat itu. Pondasi kepribadian telah beliau tularkan, terima kasih Ayahanda tercinta, semoga engkau tenang di peristirahatan sang Pencipta dan mendapat tempat yang lapang.

Selepas SD aku melanjutkan pendidikan di SMPN Panumbangan. Kegemaranku pada saat itu mulai kurasakan. Aku gemar menggambar, dan pernah meraih juara 1 lomba gambar tingkat siswa SMP se-kecamatan. Menabuh ‘kendang’ menjadi langgananku pada saat pentas seni kenaikan kelas mengiringi seni tradisional ‘calung’. Keterampilan ‘drama’ adalah pilihan pelajaran keterampilanku saat di kelas 2 SMP, setelah dibujuk oleh guru pembimbing ‘drama’ agar pindah dari pilihan keterampilan tenis meja.
Tidak disadari perubahan fsikis sewaktu SMP itu, aku pernah mengalami kegagalan belajar. Satu semester saat kelas 2 nilai pelajaran Bahasa Inggrisku di bawah angka 6, berarti ditulis dengan tinta ‘merah’. Ah… pengalaman yang paling berharga. Akhirnya aku berhasil lulus dari bangku SMP pada tahun 1985.

Lulus dari SMP, inginnya aku melanjutkan belajar di Sekolah Menengah Karawitan Indonesia (SMKI) atau di Sekolah Teknik Menengah (STM). Namun, saat itu aku diberondong Bapak dan Kakakku agar masuk di Sekolah Pendidikan Guru (SPG), entah apa maksudnya, aku tidak mengerti. Aku harus menerima pilihan Bapak dan Kakakku, aku lulus SPG pada tahun 1988. Di bangku SPG, kembali aku asyik dengan kegemaranku. Grup calung dan degung siswa selalu memakaiku sebagai penabuh ‘kendang’. Ada satu ruangan ketika itu yang digunakan sebagai wahana simulasi ‘calon guru’, dan dinding bagian luarnya dihiasi dengan lukisan-lukisan siswa. Aku dapat mengekspresikan kegemaran menggambar pada dinding itu. Aku selesaikan belajar di SPGN Tambun Bekasi itu tanpa mengalami kesulitan, peringkat 3 besar selalu menjadi langgananku saat akhir semester.

Selepas merantau di kota Bekasi aku pulang kampung ke Ciamis. Tanpa direncana aku mencoba ikut tes masuk salah satu perguruan tinggi swasta di tatar kota Galuh itu dan aku diterima, padahal aku sempat observasi untuk ikut tes masuk di salah satu PT di Jakarta tetapi aku urungkan niat itu. Rasanya, penat sekali berada di kota besar. Sejak tahun 1989 aku tercatat sebagai mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP Galuh. Gelar sarjana pendidikan, aku sandang pada tahun 1993. Kegemaranku kembali terekspresikan saat aku menjadi mahasiswa, aku belajar menjadi tokoh cerita pada beberapa pementasan drama baik dalam mata pelajaran apresiasi sastra juga bergabung dengan teman-teman lain di teater kampus ‘Balangantrang’, kang Godi Suwarna adalah guru dan pembimbing dalam bermain drama. Berorganisasi adalah kegemaran lainku untuk menyalurkan berbagai aspirasi, aku pernah dinobatkan oleh teman-teman mahasiswa untuk menjadi ‘pupuhu’ Himpunan Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Hima Diksatrasia). Alhasil, aku pernah ‘stress’ di Taman Impian Jaya Ancol karena Bis yang digunakan rombongan Muhibah Telaah Mahasiswa yang aku pimpin salah masuk jalur dan … kena ‘tilang’ polisi.

Ya… capek juga, selanjutnya aku menyelami berbagai pengalaman hidup yang tidak kalah bermanfaatnya bagiku, seolah menempaku untuk menjadi manusia yang paripurna. Itulah cita-citaku sekarang, aku ingin mencapai manusia paripurna walau dengan segala keterbatasan kemampuan.

Gelar mahasiswa telah lepas, dan sejak tahun 1993 kupertaruhkan kualitas kesarjanaanku. Seperti yang lainnya, selepas kuliah aku mengabdikan diri sebagai ‘guru honorer’ di beberapa sekolah tingkat SMA dan MA, sambil mengikuti setiap kesempatan tes CPNS. Tidak tahan juga, aku ‘banting setir’ pada tahun 1995 sampai dengan 1999 menjadi seorang karyawan perusahaan swasta di daerah Bekasi yang bergerak di bidang komponen ‘otomotif’. Cukup menarik juga, aku jadi menguasai berbagai istilah industri bahkan turut mewarnai ‘managerial’ perusahaan tersebut. Hampir lupa… pada profesi ‘guru’! Namun perubahan kembali terjadi, aku harus pulang kampung lagi pada awal tahun 2000. Aku kembali ke tanah kelahiranku, dan mencoba mengingat-ngingat lagi bagaimana menjadi ‘guru’. Beberapa sekolah memintaku untuk mengajarkan mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, maka aku pun bergabung sebagai tenaga pengajar honorer pada salah satu MA dan SMA di wilayah kabupaten Ciamis.

Dalam kurun waktu 1993-2004, aku selalu mengikuti tes CPNS namun hasilnya selalu mengecewakan. Namaku tidak pernah tertulis dalam deretan nama peserta tes CPNS yang lulus. Entah kenapa…, mungkin karena aku tidak pernah bersilaturahmi kepada siapa pun ketika mengikuti tes tersebut, atau karena memang kualitas kesarjanaanku ‘diragukan’. Sebelas kali aku selalu mengikuti tes CPNS, 9 kali mengikuti tes di Depdiknas dan 2 kali mengikuti tes di DEPAG. Dari sejumlah mengikuti tes tersebut 10 kali selalu gagal, dan Alhamdulillah anugrah Yang Maha Kuasa dengan hanya menghabiskan biaya sekitar ‘dua ratus ribu saja’, pada tahun 2004 aku lulus tes CPNS DEPAG RI serta diangkat sebagai Guru Mata Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia pada MTS di lingkungan DEPAG kabupaten Ciamis dpk pada MTSS AsSakinah, diangkat pada tahun 2005. Terima kasih DEPAG RI, aku tercatat sebagai pegawai DEPAG sampai dengan sekarang. Sambil menunaikan tugas mengajar, aku melanjutkan menempuh pendidikan pascasarjana di Universitas ARS Internasional Bandung, program Magister Manajemen (konsentrasi MSDM kependidikan) dan lulus pada tahun 2008.

Sekalipun kini sebagai PNS, aku terus mengekspresikan kegemaran menulisku. Bahkan sejak duduk di bangku PT aku terus belajar menulis. Beberapa tulisanku, puisi dan artikel pernah dimuat pada Surat Kabar Hikmah, Priangan, Giwangkara, dan Tabloid Identitas Bangsa. Prof. Dr. H. Suherli, M.Pd. adalah guruku pemberi aspirasi agar aku terus menulis. Pada tahun 2006 aku tercatat sebagai nominator penulis Buku Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Pusbuk, Depdiknas. Kini aku sedang merintis menulis Buku Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia dan bekerjasama dengan salah satu perusahaan penerbitan. Mudah-mudahan rencana itu terwujud dan cukup memberi perubahan pada diri dan kehidupanku.

Itulah sekelumit riwayatku, terima kasih rekan-rekan sesama guru atau siapa saja yang berkenan mengunjungi blog ini pada https://atepjs.wordpress.com/

Atep T Hadiwa Js, Agustus 2008

Responses

  1. wew… ternyata kita sama-sama guru, pak atep, hehehehe😆 sudah berkali-kali masuk ke rumah ini, baru sempat melongok kamar pribadi kang atep, haks…. btw, imajinasi kang atep luar biasa. salut deh! paragrafnya mungkin termasuk salah satu yang saya anggap terbaik.. selamat menikmati profesi sebagai shi-fu, kang atep!

  2. waduuh… pak Sawali nyasar juga ke kamar ini. terima kasih, kunjungan dan apresiasinya.

  3. Tulisan-tulisannya bergizi sekali .. salut pak!!
    Semoga terus produktif dan bermanfaat …

  4. Terima kasih, ah… hanya catatan alakadarnya saja. Saya masih belajar gabung di-blog, ini jg masih kesulitan nih, mau kunjungi webnya pak deddinordiawan ga bisa-bisa akses! Kenapa ya? Salam kenal pak.

  5. kunjungan balik, inilah indahnya perblog-an dapat bertemu dengan teman-teman sejawat. bahkan saya bisa banyak belajar dari tulisan-tulisan yang ada di blog ini. Selamat berjuang.. Gimana ya kalau guru-guru yang ngeblog mencapai angaka 30% dari jumlah semua guru di negeri ini?

  6. benar pak bud, termasuk harapan saya juga begitu. paling tidak bisa saling bersilaturahmi dan saling melengkapi, demi dunia kita dan pendidikan kita. terima kasih kunjungannya.

  7. sungguh,perjuangan bapak hebat sekali.
    dan terus berkarya ya,pak.
    dan salam kenal dariku langitjiwa di Sidoarjo.
    tak lupa Selamat Hari Raya Idul Fitri,Mohon Maaf Lahir dan Bathin.
    salamku.

  8. Salut pak, tulisan Bapak bagus2. Saya kepingin belajar sama Bapak. Makasih juga Bapak telah mampir ke Blog saya yang tak seberapa..Mohon maaf lahir dan bathin.

  9. Salam ukhuwah pak guru🙂 numpang baca bentar yach…

  10. salam kenal dari saya kebetulan saya juga keturuan dari panjalu, ayah saya dari kmp. cimaja ds. payungagung ibu saya dari kmp cimuncang ds. jayagiri.
    dan kebutalan juga saya seorang guru di SMKN 3 Cimahi. Nasib pak Atpjs’ hampir mirip dengan saya. Saya pertama jadi guru honorer dari tahun 1997, beberapakali ikut test cpns tidak lulus-lulus entah kenapa?!!. Namun pada tahun 2007 ini saya lulus jadi CPNS melalui jalur Guru Bantu. Orang tuaku seorang pedagang besi di Bandung. nasib jadi guru tertular dari Kakek, ua, bibi. Saya sangat menikmati jadi guru. salam kenal dari saya

  11. terima kasih :
    @ sodaraku langitjiwa
    @ pak ghofur
    @ mba tiny
    @ kang sarip
    kunjungannya di jendela ini, tak ada yang istimewa di blog saya. semuanya biasa saja, malahan berkah bagi saya dapat saling bersilaturahmi. semoga semua itu menjadikan segala kebaikan bagi kita.

  12. om,, de dimas nih, tulisannya bagus baget, de dimas jadi tau masa kecil om.
    hwa.. ha.. ha.. ha.. ha.. ha.. ha.. ha.. ha.. ha.. ha..

    THE BEST !!!!!!!!!!!!!!!

  13. wah, dimas purbaya… keponakan om yang harus maju. kamu masih belia tp kamu selalu ingin tahu. hayo terus… belajar yah! salam utk mamah, papah, teh nita, jg enjan eneh. ok!!?

  14. Terima kasih atas kunjungannya semoga menambah persaudaraan diantara kita dan silaturrahmi antar blog tenks

  15. hanya ingin mengucapkan; selamat malam,kang.
    kumaha Damang

  16. salam kenal

  17. pa, sami-sami alumni smpn panumbangan mung abdi lulus tahun 1989. profesina sagala di gawean yang penting halal, ya jadi guru, ya jadi dosen, ya jadi tukang kredit, ya jadi teknisi….ya gitulah kalau hidup ngumbara di kampung batur di LOMBOk. salam silaturahmina bae.

  18. @sarip hidayat

    anda lucu ya, kaya iklan apa dulu ya ?
    yang ituloh…kaka iparnya dari pakde saudara sepupu temannya eyang kakung saya!
    ha…ha…ha…

    salam persahabatan.

  19. Assalamuallaikum.
    Alhamdulilah Kang Atep nyasar oge ka kamar abdi, kumaha damang ? Kamana bae abdi tos kangen, nuhun upami emut kenehmah ka saderek salembur. Amengan atuh ka Kuningan, kaleresan abdi sering sasarengan sareng raka ( Dodo tea hehe).
    Hebat Blogna pengunjungna seueur, Insya Allah abdi oge nuju diajar deui kana Blog. Bagi-bagi elmuna atuh, sering-sering kontak.
    Kang Atep abdi hoyong buka jaringan usaha di wiayah Akang, mudah-mudahan tiasa. Kanggo bahan cobi buka di http://www.mypulsaplus/?id=01-05. Hatur Nuhun.
    Wassallam.

  20. Assalamuallaikum.
    Alhamdulilah Kang Atep nyasar oge ka kamar abdi, kumaha damang ? Kamana bae abdi tos kangen, nuhun upami emut kenehmah ka saderek salembur. Amengan atuh ka Kuningan, kaleresan abdi sering sasarengan sareng raka ( Dodo tea hehe).
    Hebat Blogna pengunjungna seueur, Insya Allah abdi oge nuju diajar deui kana Blog. Bagi-bagi elmuna atuh, sering-sering kontak.
    Kang Atep abdi hoyong buka jaringan usaha di wiayah Akang, mudah-mudahan tiasa. Kanggo bahan cobi buka di http://www.mypulsaplus.com/?id=01-05. Hatur Nuhun.
    Wassallam.

    http://www.mypulsaplus.com/?id=01-05

    NB.

  21. Pagi Pak Atep, maaf ni br masuk ke blog Bapak padahal sudah sebulan kita kenalan di tempat PLPG. Masih ingat kan Pak dengan saya, satu kamar dengan Bapak, Saya Musta’in Pak…dari Bogor.

  22. @kang maston,
    terima kasih, sama-sama, salam persahabatan
    sambil bagi-bagi cerita ya…
    @kang dede mulyana,
    hatur nuhun kang de, sami abdi oge nuju
    diajar. malih guru abdi teh kang awan
    sundiawan. wilujeng!
    @pak muh. mustain,
    terima kasih pak mustain, waduh saya jg baru
    buka lagi blog nih. tidak akan lupa pak, saya
    sangat terkesan dengan pertemuan dan
    kebersamaan ketika di bdg itu. salam sukses!

  23. salam kenal pak atep, kita sama2 guru di lingkungan Depag, mari kita jalin silahturahmi dengan beberapa info terbaru agar pendidikan di lingkungan Depag makin maju. dari Bpk. Margono Guru Kimia MAN Purwodadi Grobogan Jawa Tengah
    Jl.P.Diponegoro No 22 Purwodadi email gonokimia@yahoo.co.id

    Terima kasih pak Margono silaturahminya. Setuju pak, mudah-mudahan kondisi pendidikan kita semakin maju. Salam hormat saya untuk keluarga besar MAN Purwodadi.

  24. Asalamu alaikum,
    Kang Atep, abdi Dedi Husnaeni rerencangannana Uum Saeful Rohman, emut teu? abdi anu kantos janten staf akang di HIMA DIKSATRASIA tea. Mani waas pisan abdi ngaos riwayat akang teh, emut ka balangantrang sareng bale kambang, aya keneh kitu ayeuna?
    Kang, abdi ayeuna di Bogor, alhamdulillah abdi tos janten guru nu enyaan, maksadna PNS … kitu.
    Kawitmah abdi oge caket ka Medanglayang (ti Tanjungkerta Pagerageung Tasik).
    Kamarana nya kang rerencangan anu kapungkur aktif di HIMA?
    Kadang ku abdi sok diabsenan tapi teu aya nu muncul.
    Kang nyuhunkeun di link nya blog abdi http://hoesnaeni.wordpress.com
    Haturnuhun
    Dedi Husnaeni

  25. salam kenal nich…jeung urang salembur..

    Hatur nuhun pa, silaturahmina katampi. Berkah kanggo abdi tiasa tepang sareng sami-sami urang lembur. Wah… abdi salut maos profil pa Oo, wilujeng mancen aktivitas kalayan sukses.

  26. kang kunaon nami miftahul falah teu disebat2 dina riwayat karier, cobi rada orbitkeun sugan we aya alumni nu tos sukses simpati ka MF. Nuhun info sertifikasina. suhunkeun we ka pa ujang Djisamsuna.

  27. assalamuialaikum…..wilujeng pendak deui di dunia si’maya’ salam takjub ti ‘dulur’ nu joledar.

    waalaikumssalam,
    aeh-aeh…! kamana wae atuh kang fani teh? lengiteun-leungiteun na mah, hapuntena bae sami-sami joledar. kumaha wartosna di palih dayeuh? ari di pasisian mah kieu geuning! nuhun silaturahmina, hatur salam ka sadaya.

  28. alhamdulillah…… nuhun ari di angken keneh mah. lami teu tepang alhamdulillah akang mah tos tebih gening ngalengkah teh…. meni hoyong nuturkeun. aya kasebatna meureun ari nyasab di dayeuh mah sok puputeran. jadi nongkrong keneh wae ayi mah….di tempat. meni sono hoyong patepang….hoyong mulungan nu sabenyeureun sugan aya nu nerap ti pangalaman akang. salam baktos ka ibu ti kulawargi nu Insya Allah kedap deui bade nambihan.

    nuhun yi, bagja atuh mugi nugraha manteNa nu baris medal didungakeun sing salamet, lancar, sehat, kalayan aya dina pangjaring oge pangriksa Gusti. amin.
    ah… nya kitu tea yi, maksakeun ieu mah (sagalana oge). sok inggis kadeseh ku….!!?? tapi paralun ketang, nu jelas mah nuju ngudag-ngudag ‘profesionalitas’. sugan bae atuh…

  29. met sore,kunjungan singkat setelah berkelana di rimba maya dan sekedar mempererat tali silahturahmi…saya tunggu kunjungan baliknya…terima kasih.

    • sore jg……………….
      wlau pun tdk saling knal ttpi hrs jga tala sltrhmi………..

  30. met sore,kunjungan singkat setelah berkelana di rimba maya dan sekedar mempererat tali silahturahmi…saya tunggu kunjungan baliknya…terima kasih.

  31. Ass wr wb. Pak atep kumaha damang? emut keneh ka abdi ? Urang baker( babakan kereng).
    Bagja kacida gaduh rencang anu sakitu calakan. Lanjutkan berkarya….demi membangun lembur urang khususna, kanggo sadayana umum na mah.
    Pa atep mah jadi pamikir…keun abdi anu ngajagina mah. Lanjutkan perjuangan.
    Salam Komando !

  32. Nulis deui ah…sono! mudah2an we dibaca.
    Pa Atep upami ka Jakarta mampir atuh ka Cijantung, Asrama Kopassus.Kaleresan abdi mengabdi di Kopassus, cek batur mah….
    Bade tumaros…Ayeuna linggih teh dimana? di Pamijahan or Pamokolan? Insya Allah upami pak Atep berkenan….abdi bade menghadap ! Diatos informasina ti pa guru he…he….!

    Siap komandan…! Hormat kanan saya untuk komandan maman. Iraha atuh bade ka lembur, kuring mah di pamokolan. Nuhun dan… silaturahmina, salam bhaktos ka kulawargi.

  33. alhamdulillah dugi oge ka kamar ieu lo ! naha tara ka ciamis ? mani tara nyimpang atuh !, amang + ibi di ciamis

  34. ass. kang kumaha damang? hapunten joledar k sepuh… iraha urang pendak deiu, wang ngariung d tempat anu matak ngenah kana manah, bari ningai pamandangan anu hejo ngemploh, ulah hilap candak kopi sareng ududna. wang teraskeun duduluran urang, ulah pegat gara-gara mentas walungan. abdi seueur pangabutuh tinu janten sepuh. pamugi salira ngamaklum kaayaan abdi nu nuju ngumbara d tanah batur bari teu acan kapendak sareng kabingahan. mugia doa ti salira, nu matak saciduh metu, saucap nyata. amiin salam k sadayana. wassalam
    email nu abdi, face book : Triwahyu Zain

    wass wrwb, bagja geuning ki dulur… nuhun silaturahmina muga jadi jimat keur urang sarerea geusan ngahontal bagja di dunya tur akherat. sok atuh diantos di lembur wang balakecrakan ngamparkeun liwet dina daun cau. nuhun ah… salam bhaktos ka tuang garwa

  35. Assalamualaikum, upami teu lepat mah pernah sakelas sareng atep teh, inget gak….sono yeuh jeung babaturan nu lainna….saya ayeuna tinggal di depok ikut suami…. ternyata atep jadi guru nya ayeuna teh, selamat atuh…..(punten ah bahasana campur aduk, maklum geus kararagok he…he…he…)

    Waalaikumssalam wrwb. Teh Deni… leres sasarengan waktos di smp nya? Euleuh-euleuh manawi teh di palih caket suryalaya tea kapungkur teh sanes? Muhun atuh hatur nuhun pisan silaturahmina, salam bhaktos ka kulawargi. Wilujeng nya…

  36. muhun orangtua mah masih di caket Suryalaya, tapi abdi ngumbara mulai masuk SMEA di Jakarta, kumaha kang Atep tos berkeluarga? upami atos salam atuh ka kulawargi…..
    abdi baca di webna SMP Pnb, tahun payun bade aya reuni akbar? mudah2an tiasa hadir …
    terang teu upami Ani, Ida, Eti, Mimin, dimarana nya? upami pendak salam…..nuhun…..

    teh deni, puguhanan tara pendak sareng rerencangan sakelas teh paling nu sok pendak teh dede sutriaman, anjeuna ngawulang oge di daerah nu ti jalan caket suryalaya ka kaler.

  37. Saatosna pependak di BRI , jadi kutak-kotrek milarian kang atep. E aya geuning. Ternyata kang atep seorang senimannya. Kembangkan saja, komo deui di gunung sawal mah da subur. Jadi lamun dikembangkeun naon weteh sae.

  38. “Prof. Dr. H. Suherli, M.Pd. adalah guruku pemberi aspirasi agar aku terus menulis”. Itu salah satu kalimat yang ditulis adikku atep. Yang saya garis bawahi adalah kata “aspirasi” Barangkali lepih pas bila kata tersebut adalah “inspirasi”……..Punten bilih lepat, etang2 mulungan bari ngoragkeun

    aduh leres pisan, hatur nuhun korekasi oge hatur nuhun silaturahmina

  39. wahh hebat pak,,,semoga saya bisa jadi penerus bapak…
    aku bisa jadi sastrawan yang baikk…

  40. hatur nuhun insprasi sareng motivasina kang….

  41. kang poengen banget kaya akang teh, mani kreatif, tolong bantu ya saya, thanks before,………

  42. Thanks for the great info…

  43. wah pangsiun teh rek ngenek ka pa Asep ah…., mdh2an tiasa ditampi…, hatur nuhun salam kenal…

  44. Selamat buat kang atep,sejarah hidup dan kehidupan kang atep kini baru saya bisa akses walau hanya lewat tulisan di dunia maya, tapi belum puas rasanya hati ini sejak berpisah tahun 1988 kita hanya bisa seperti ini, sepertinya kita “pareumeun obor” kata tmn2 suka ke bekasi tapi ‘ahhh ga pernah saya tahu kapan dan dimana posisinya ketika itu” sekali lagi selamat ‘ walau PNS ny agak telat tapi ekonomi…..nya lebih meningkat…….kan ni’maat…
    Salam ti Umat….nu mindeng kaliwat saban ngalawat ka kota awl urang bersahabat
    ( canda suryaganda)

    Nuhun lur……. silaturahmina, ha..ha… geuning angger goreng eta salira teh meni beuki pasagi……… salam ka sarerea.

  45. ada yang tau kisah nya eyang hariang kuning ? sy butuh info 081280165553 , benk.

  46. Izin berkunjung Pak Atep,melongok nyari wawasan baru..,dan silaturrahmi..
    hatur nuhun..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: