Oleh: atep t hadiwa js | September 4, 2008

Pendekatan Multiple Intelligence dalam Pembelajaran

(sebuah catatan)
Atep T Hadiwa

Kurikulum pembelajaran apa punnamanya; kurikulum 1994, kurikulum 2004 (KBK), kurikulum 2006 (KTSP), atau kurikulum berikutnya…, dan bagaimanapun pengertian, rumusan, dan prinsip-prinsip dari sejumlah kurikulum tersebut, yang harus dipikirkan selajutnya adalah bagaimana menerapkan kurikulum tersebut dalam proses pembelajaran.

Untuk menunjang keberhasilan pembelajaran, pada dasarnya adalah menentukan pendekatan pembelajaran yang sejalan dengan kurikulum tersebut. Membahas pendekatan pembelajaran, banyak sekali jenis pendekatan yang dapat diterapkan. Di antaranya pendekatan pembelajaran yang dikembangkan dari suatu teori yang dikenal dengan teori Multiple Intelligence. Teori tersebut digunakan sebagai pendekatan pembelajaran, karena di dalamnya membicarakan tentang keberagaman yang bertautan dengan kompetensi peserta didik.

Pada dasarnya setiap kurikulum menitikberatktan pada pencapaian suatu kompetensi tertentu peserta didik. Pendekatan Multiple Intelligence pun memandang bahwa seseorang/manusia memiliki beberapa potensi kecerdasan. Salah satu dari kecerdasan setiap peserta didik itulah yang harus dikembangkan, sehingga pada akhirnya menjadi suatu kompetensi yang sangat dominan dikuasainya.

Teori Multiple Intelligence ini dikembangkan oleh Gardner, dengan mendeskripsikan tujuh kecerdasan manusia dalam Metode Praktis Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences (2004), yaitu:
1) Linguistic intelligence (kecerdasan linguistik) adalah kemampuan untuk berpikir dalam bentuk kata-kata dan menggunakan bahasa untuk mengekspresikan dan menghargai makna yang kompleks.
2) Logical-mathematical intelligence (kecerdasan logika-matematika) merupakan kemampuan dalam menghitung, mengukur, dan mempertimbangkan proposisi dan hipotesis, serta menyelesaikan operasi-operasi matematis.
3) Spatial intelligence (kecerdasan spasial) membangkitkan kapasitas untuk berpikir dalam tiga cara dimensi seperti yang dapat dilakukan oleh pelaut, pilot, pemahat, pelukis, dan arsitek. Kecerdasan ini memungkinkan seseorang untuk merasakan bayangan eksternal dan internal, melukiskan kembali, merubah, atau memodifikasi bayangan, dan menghasilkan atau menguraikan informasi grafik.
4) Bodily-kinesthetic intelligence (kecerdasan kinestik-tubuh) memungkinkan seseorang untuk menggerakan objek dan keterampilan-keterampilan fisik yang halus. Misalnya kelihatan pada diri atlet, penari, ahli bedah, dan seniman yang mempunyai keterampilan teknik.
5) Musical intelligence (kecerdasan musik) jelas terlihat pada seseorang yang memiliki sensitivitas pada pola titinada, melodi, ritme, dan nada. Misalnya pada seorang komposer, konduktor, musisi, kritikus, dan pembuat alat musik juga pendengar yang sensitif.
6) Interpersonal intelligence (kecerdasan interpersonal) merupakan kemampuan untuk memahami dan berinteraksi dengan orang lain secara efektif. Hal ini terlihat pada guru, pekerja sosial, artis, atau politisi yang sukses.
7) Intrapersonal intelligence (kecerdasan intrapersonal) merupakan kemampuan untuk membuat persepsi yang akurat tentang diri sendiri dan menggunakan pengetahuan semacam itu dalam merencanakan dan mengarahkan kehidupan seseorang. Misalnya terlihat pada ahli ilmu agama, ahli psikologi, dan ahli filsafat.

Jika kita tautkan ketujuh kecerdasan yang dimiliki manusia tersebut dalam pembelajaran, maka dapat disimpulkan bahwa “Sebaiknya Multiple Intelligence (multikecerdasan) digunakan dan diterapkan sebagai pendekatan pelaksanaan kegiatan pembelajaran.” Setiap manusia (peserta didik) tentu akan memiliki potensi yang sesuai dengan salah satu kecerdasan di atas. Dengan demikian, maka diharapkan salah satu potensi kompetensi dari peserta didik dapat muncul dan dapat dikembangkan.

Salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam Multiple Intelligence adalah adanya tanggung jawab lembaga-lembaga pendidikan, dan kecerdikan seorang guru dalam memerhatikan bakat masing-masing siswa (peserta didik). Di dalam maupun di luar sekolah, setiap siswa harus berhasil menemukan paling tidak satu wilayah kemampuan yang sesuai dengan potensi kecerdasannya. Jika hal itu berhasil ditemukan oleh siswa dengan bimbingan guru, maka akan menimbulkan kegembiraan dalam proses pembelajaran, bahkan akan membangkitkan ketekunan dalam upaya-upaya penguasaan disiplin keilmuan tertentu. Penerapkan pendekatan Multiple Intelligence dalam pembelajaran, harus memerhatikan beberapa langkah, meliputi:
1) Mengidentifikasi elemen-elemen Multiple Intelligence dalam program kurikuler dan ekstrakurikuler. Misalnya memasukkan program seni ke dalam kurikulum.
2) Meninjau kembali sistem teknologi dan program piranti lunak untuk melihat kecerdasan-kecerdasan apa yang terabaikan.
3) Para guru merenungkan kemampuan peserta didik, kemudian memutuskan untuk secara sukarela bekerjasama dengan rekan-rekan yang lain.
4) Proses pembelajaran dengan tanggung jawab tertentu, bisa dipilih sebagai metode pembelajaran.
5) Diskusi dengan orang tua siswa dan anggota masyarakat sehingga dapat membuka kesempatan-kesempatan magang bagi para siswa.

Di samping langkah-langkah di atas, sebagai upaya untuk memadukan pendekatan Multiple Intelligence dalam pembelajaran, perlu juga memerhatikan hal-hal berikut:
1) Persepsi tentang siswa harus diubah
Selama ini kita selalu memiliki persepsi terhadap siswa, bahwa siswa itu cerdas, rata-rata, dungu, dan lain-lain. Persepsi inilah yang harus diubah. Sebaiknya para pendidik memberikan perhatian kepada berbagai macam cara yang dilakukan siswa untuk memecahkan masalah-masalah mereka dan mengaplikasikan apa yang telah mereka pelajari. Kita harus menerima bahwa siswa memiliki profil-profil kognitif dengan tingkat kemampuan yang berbeda-beda. Guru harus menyediakan kesempatan-kesempatan belajar yang kaya, mempertajam kemampuan-kemampuan observasi mereka, mengumpulkan informasi tentang bakat dan kegemaran siswa, serta mempelajari kecerdasan-kecerdasan yang tidak biasa.
2) Guru membutuhkan dukungan dan waktu untuk memperluas daftar pengajaran mereka.
Jika proses pembelajaran ingin mencapai tujuan bahwa siswa harus memiliki pengetahuan, nilai dan sikap, serta keterampilan yang seimbang, maka jam belajar yang selama ini hanya cukup untuk menguasai pengetahuan saja harus diubah dengan memperluas jam belajar. Hal ini perlu dilakukan tiada lain untuk:
a. Memberi dukungan dan melakukan praktek.
b. Meminta guru tertentu yang memiliki kemampuan tinggi dalam sebuah kecerdasan untuk memberikan pelatihan.
c. Mengintegrasikan para spesialis yang memiliki keahlian dalam bidang tertentu.
d. Mengunjungi lokasi-lokasi lain sebagai bahan perbandingan proses pembelajaran.
3) Pendekatan Multiple Intelligence dan pembelajaran
Kurikulum pada dasarnya berfokus pada pengetahuan yang mendalam dan pengembangan kemampuan. Dalam hal ini, pembelajaran tidak harus menekankan pengajaran melaui kecerdasan, tetapi yang harus mendapat penekanan adalah bahwa pembelajaran itu untuk kecerdasan atau penguasaan kompetensi tertentu sesuai dengan minat dan bakat siswa.
4) Diperlukan pendekatan baru terhadap proses penilaian
Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam aktivitas penilaian, yaitu:
a. Bagaimana menilai kecerdasan siswa;
b. Bagaimana meningkatkan penilaian secara umum dalam hal kognitif, apektif, dan psikomotorik;
c. Bagaimana melibatkan siswa dalam proses penilaian.
5) Praktik profesional menuju ke arah perkembangan
Tingkat profesionalime para pendidik perlu dimiliki setiap guru, sehingga tantangan yang dihadapi terutama dalam menentukan model program yang akan dilakukan di kelas, tepat dan sesuai dengan kompetensi siswa.

Pernyataan-pernyataan lain yang harus menjadi bahan renungan para guru, dapat diidentifikasi sebagai berikut:
a. Bagaimana guru, siswa, administrator sekolah, orang tua, dan anggota masyarakat dapat memperoleh informasi yang memadai tentang kemampuan manusia serta implikasi-implikasinya bagi pendekatan-pendekatan baru di bidang pendidikan?
b. Bagaimana memasukkan strategi-strategi belajar dan mengajar yang mampu memenuhi kebutuhan seluruh siswa ke dalam program-program pengembangan pembelajaran?
c. Bagaimana menyesuaikan lingkungan sekolah agar dapat menawarkan program-program yang lebih kaya dan bervariasi?
d. Bagaimana mengembangkan persepsi kita tentang siswa?
e. Bagaimana memperluas data-data pengajaran dan penilaian?
f. Konsep-konsep apakah yang mesti dipelajari siswa?
g. Anggota masyarakat manakah yang dapat menjadi penasihat atau dapat memberi kesempatan magang?
h. Bagaimana para pendidik belajar untuk mengkombinasikan strategi-strategi pendidikan yang paling efektif dengan menggunakan teknologi yang paling praktis dan paling cerdas?

Sekelumit pembahasan ini menyimpulkan beberapa bahan renungan untuk para pengelola sekolah khususnya para guru, sebagai berikut:
1) Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan tentang kompetensi dan hasil belajar yang harus dicapai siswa, penilaian, kegiatan belajar mengajar, dan pemberdayaan sumber daya pendidikan dalam pengembangan kurikulum sekolah.
2) Apa pun konsep kurikulumnya, pada dasarnya akan bertumpu pada; (1) penekanan ketercapaian kompetensi siswa baik secara individual maupun klasikal, (2) berorientasi pada hasil belajar (learning outcomes) dan keberagaman, (3) penyampaian dalam pembelajaran menggunakan pendekatan dan metode bervariasi, (4) sumber belajar bukan hanya guru, tetapi juga sumber belajar lainnya yang memenuhi unsur edukatif, dan (5) penilaian menekankan pada proses dan hasil belajar dalam upaya penguasaan atau pencapaian suatu kompetensi.
3) Pengertian Multiple Intelligence dalam bahasa Inggris adalah; Multiple(maltip) berarti berbagai jenis, Intelligence (in’telijens) berarti kecerdasan. Multiple Intelligence merupakan suatu teori yang dikemukakan Gardner, 1983 dalam Metode Praktis Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligence (2004) dideskripsikan bahwa teori tersebut merupakan penguatan perspektif tentang kognisi manusia. Kecerdasan adalah bahasa-bahasa yang dibicarakan oleh semua orang dan sebagian dipengaruhi oleh kebudayaan di mana ia dilahirkan.
4) Kegiatan pembelajaran pada akhirnya bermuara pada pencapaian suatu kompetensi tertentu dari peserta didik. Pendekatan Multiple Intelligence pun memandang bahwa seseorang/manusia memiliki beberapa potensi kecerdasan. Salah satu dari kecerdasan setiap peserta didik itulah yang harus dikembangkan, sehingga pada akhirnya menjadi suatu kompetensi yang dominan dikuasai peserta didik.

Sebagai harapan dalam rangka menunjang keberhasilan pencapaian Tujuan Pendidikan Nasional, tidak ada salahnya apabila rekan-rekan seperjuangan dan seprofesi merenungkan hal-hal, sebagai berikut:
a. Meningkatkan rasa tanggung jawab kepada diri sendiri, masyarakat, pemerintah, bangsa dan negara dalam rangka menjalankan tugas sebagai abdi bangsa dan negara.
b. Agar terus berusaha meningkatkan kemampuan dan wawasan tentang pendidikan, sehingga dapat meningkatkan pelayanan kepada para siswa.
c. Memahami dan melakukan adaptasi terhadap perubahan-perubahan di dunia pendidikan seiring dengan perubahan dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
d. Mengembangkan prinsip-prinsip yang sesuai dengan kurikulum dalam rangka mengembangkan kegiatan pembelajaran.
e. Meningkatkan prestasi profesi sejalan dengan ketentuan yang telah digariskan oleh lembaga pendidikan dan pemerintah, manakala kita mengabdikan diri.

SUMBER BACAAN
Balitbang Depdiknas, Pusat Kurikulum. 2002. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Depdiknas.
Campbell, Linda dkk. 2004. Metode Praktis Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligence. Depok: Intuisi Press.
FM, Meindar dkk. 1991. Kamus Lengkap Inggris-Indonesia. Jakarta: Eska Media.
Nasution, M. Nur. 2004. Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality Management). Bogor: Ghalia Indonesia.
Nata, H. Abuddin. 2003. Manajemen Pendidikan. Jakarta: Prenada Media.
Prawiradilaga,Dewi Salma dkk. 2004. Mozaik Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana dan UNJ.


Tanggapan

  1. kecerdasan mejemuk yang dicetuskan howard gardner itu akan bener bisa terwujud jika didukung oleh media dan fasilitas pendidikan yang lengkap, kang atep. saya suka benget dg teorinya gardner ini. tapi makin bertambah usia, agaknya anak2 akan mengarah ke kecerdasan tertentu.

  2. sama-sama mas Li, saya jg setuju pisan dg teori ini! O iya… semakin bertambah besar/dewasa, kecerdasan tertentu akan semakin terlihat.

  3. WAAAAHHHHHHHHH…………… saya baru tahu kalau kecerdasan itu ada macam-macam ya…..

  4. Salam

    ikutan koment
    memang kecerdasan akan semakin bertanmbah di mana seseorang semakin dewasa
    dan dari komonitas -komonitas tertentu
    eeeeeee malah ikutan kutbah

    salam kenal dari Boyolali

  5. terima kasih sahabat adeuny, saya juga baru tahu tuh. itu juga kata howard gardner. he…he…he… salam kenal!

  6. mas doelsoehono, terima kasih kunjungannya. salam kenal juga. betul mas, kita memang berkomunitas.

  7. Pak Atep, sebelumnya saya sampaikan terima kasih juga atas tulisannya, yang sekiranya bagi saya bisa kami link ke website kampus, dan sekalian bisa untuk materi dan wawasan mahasiswa saya, kalau ada posting baru lagi yang terkait dengan pengembangan pendidikan tolong beritahu ke hariyono.spdmm@gmail.com. sekali lagi terima kasih, salam hormat. Hariyono

  8. multiple intellegence akan mudah kita terapkan di sekolah terutama pada kegiatan praktikum di laboratorium, akan lebih baik jika pak atep punya indikator masing-masing kecerdasan tolong saya dikirimi, terima kasih, salam dari pak margono guru kimia MAN Purwodadi-Grobogan

  9. salam,

    saya jadikan tambahan referensi ya pak…
    thanx

  10. salam kenal, pak Atep, boleh nambahin dikit? kecerdasan majemuk bukannya 9? tambah kecerdasan naturalis ama kecerdasan eksistensial. trim”s.

  11. ucapan terimakasih yang sedalam-dalamnya kepada bapak, karena saya telah mendapatkan dengan mudah bahan perkuliaan yang saya cari, semoga anda selalu dberi kebahagiaan dari yang maha kuasa. amin.

    Terima kasih pak, salam kenal dari saya. Semoga pula bapak semakin sukses. Amin.

  12. salam kenal pak….
    oya pak saya mau tanya2 banyak nih. boleh mnta alamat email-nya gak pak???
    balas.

  13. Salam Pak,
    saya setuju dengan perlu dikembangkannya multiple intelligence di sekolah,.namun kalo melihat pengembangannya masih cukup sulit dilakukan…
    bagaimana bila multiple intelligence dikembangkan melalui sistem pembelajaran e-learning ?
    kira2 ada masukan ga Pak ato saran berupa kemudahan dan kesulitannya apabila mengembangkan multiple intelligence dalam e-learning?

    trimakasi Pak

    Terima kasih sodaraku Yess, salam kenal juga. Sepertinya boleh segera dicoba penerapan tersebut, saya sangat setuju. Sementara tentang sarannya mudah-mudahan nanti menyusul.

  14. Iya mas, saya setuju kalo pendekatan MI ini diterapkan dalam pembelajaran mulai dari PG, TK, SD, SMP dan seterusnya. Coba andaikan Mbah Surip disentuh dengan MI di masa kecilnya, tentu terkenalnya bukan nanti di masa tuanya saat kondisi terakhir.
    Mas. Tolong kirimkan artikelnya tentang cara mendeteksi dan menguji kecerdasan anak..Thank

  15. PAKkok masih tujuh sih macam kecerdasannya…. tapi bolehlah tulisannya….trus enaknya bentuk evaluasinya gimana ya? apa tetep pake kecerdasan kognitif dan bentuk soal tertulis..

  16. ikutan nyimbrung……
    menarik sekali kalau kita bicara tentang MI, karena menurut hemat kami selama ini banyak yang salah kaprah dalam menerjemahkan kecenderungan kecerdasan seseorang. dan saya sangat setuju bahwa sesuai dengan apa yang disampaikan oleh Howard Gardner bahwa kecerdasan itu dapat dilihat dari Habbit seseorang dan inilah yang sesuai dengan fitrahnya manusia.

    Dari sinilah kita akan lebih menghargai manusia seutuhnya, kita dapat memaksimalkan potensi diri setiap orang sesuai dengan fitrahnya, dan tidak akan menilai negatif atas kekurangan pada didi seseorang, karena mungkin kecenderungannya lain dengan kita……!!! semoga Bapak/Ibu gru yang belum mengenal MI segera mengenalnya dan sadar bahwa strategi mengajar yang digunakan sementara ini masih banyak yang belum sesuai dengan fitrah / kecenderungan kecerdsan seorang anak, bagaimana Lbih detail mengetahui kecenderungan tersebut…?

  17. hmm ilmu yg bermanfaat, bagus teorinya.. akan lebih sempurna jk diimbangi kecerdasan emosional.. seperti yg di cetuskan Ary Ginanjar(ESQ). . .

  18. salam,
    ijin buat referensi ya kang…hatur nuhun.

  19. Pak,saya sebenarnya tertarik dengan multi inteligence ini tapi masalahnya saya sulit mengimplementasikan dalam bidang studi seni musik smp.Boleh nggk saya dikasih cara membuatnya dalam bentuk RPP

  20. […] https://atepjs.wordpress.com/2008/09/04/pendekatan-multiple-intelligence-dalam-pembelajaran/ […]

  21. […] ✓ Hoerr , Thomas R. 2007. Buku Kerja Multiple Intelligences. Bandung: Kaifa. ✓ Prawiradilaga, Dewi Salma,dkk. 2008. Mozaik Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana ✓ https://atepjs.wordpress.com/2008/09/04/pendekatan-multiple-intelligence-dalam-pembelajaran/ […]


Tinggalkan komentar

Kategori