Oleh: atep t hadiwa js | April 9, 2019

Wayang Ajen di Ballroom Fave Hotel Garut

IMG_20190409_130032

Minggu, 7 April 2019, kerapkali suasana seisi Ballroom Fave Hotel Garut pecah oleh suara sorak-sorai para penikmat pagelaran wayang ajen, yang didominasi oleh para generasi milenial Garut. Mereka adalah para mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi dan para siswa SMA di Garut. Di samping itu turut hadir pula para pejabat Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Garut, bahkan juga terlihat hadir Komunitas Penggemar Wayang Ajen (NBWGA) dari Kabupaten Tasikmalaya serta Ciamis.

Sorak-sorai terdengar ketika adegan lakon wayang yang disajikan oleh Ki Dalang Wawan Ajen begitu tepat mengena dengan alur pikiran mereka. Misalnya ketika salah satu tokoh cerita wayang itu menyampaikan pesan moral tentang kebangsaan, kepahlawanan, nasionalisme kepada penontonnya.

IMG-20190407-WA0135

Wayang Ajen memang menyajikan alternatif pagelaran seni wayang golek yang adiluhung itu, dengan kemasan yang sangat disesuaikan dengan berbagai situasi dan keperluan. Misalnya dalam hal tata panggung, tata cahaya, tata multimedia, serta format cerita yang mengusung aspek komunikatif dengan penontonnya.

Tak pelak Ki Dalang Wawan Ajen berhasil  menghibur para penonton, bahkan sukses menyampaikan pesan-pesan melalui lakon yang disajikan. (atep ajen)


Tinggalkan komentar

Kategori